Penghargaan Diri


Penghargaan Diri

Assalamualaikum teman-teman ku.

Tulisan ku kali ini mengenai Penghargaan Diri dan terus Up Date.

selamat membaca.

Semoga berguna bagi kehidupan kita semua.

Saya sering mendengar kata-kata seperti “aku lagi sakit hati nih” atau “maaf anda menyinggung perasaan saya! dan kata-kata kesal lainnya,yang sebenarnya anda katakan ialah perilaku orang lain telah membuat diri kita mengalami luka emosional,ia benar lalu mengapa?,yang sebenarnya ingin saya tanyakan ialah mengapa kita bisa terluka akibat dari perilaku itu?mengapa anda peduli akan hal itu?.Mengatakan kita sakit hati saja tidak cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut,untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi kita harus menjawab pertanyaan mengapa?.

Apakah anda merasa terganggu ketika ada pengemudi lain memotong jalan anda secara tiba-tiba? atau ketika seseorang mengabaikan atau menolak anda? Tentu saja anda akan marah,merasa sakit hati,dan merasa ditipu,tetapi pertanyaannya adalah mengapa?,mengatakan anda diperlakukan secara tidak hormat atau tidak sopan itu memang benar,tetapi mengapa itu mengganggu kita?mengapa kita sakit hati ketika kita tidak di hormati? anda tidak berdarah,tidak rugi, dan itu tidak menghalangi hidup anda bukan? meski demikian,hal itu penting untuk di jawab dan terkadang itu sangat penting,mari kita cari tahu mengapa kita peduli.

Sangat sering kita mengucapkan kata-kata seperti ego,penghargaan-diri,rasa hormat,kemarahan,dan pelemparan.Apa arti dari semua itu? dan yang paling penting bagaimana semua itu terhubung?.Pada tataran praktis sehari-hari,kata-kata ini membentuk cara kita memandang diri kita sendiri dan mempengaruhi cara berinteraksi dengan dunia dunia kita.Singkatnya,mari kita lihat ke “belakang layar”,ke dalam hati manusia.

Agar bahagia,menjalin hubungan yang baik,dan menjadi seimbang secara psikologis seseorang harus nyaman dengan dirinya sendiri,artinya kita harus mencintai diri kita sendiri dan kecintaan inilah yang di sebut Penghargaan Diri.kita semua membuat pilihan-pilihan selama kita hidup,ketika kita memilih untuk melakukan apa yang kita percayaisebagai Hal Yang Benar kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri,dan ketika kita membuat kekeliruan kita sering merasa bersalah,bingung, dan malu.Emosi-emosi seperti itu merusak Penghargaan Diri,dan mengikis Penghargaan Diri.Agar bisa memilih anda harus mandiri,maksudnya anda harus bisa menjalankan kehendak bebas dan tidak ada unsur pemaksaan untuk melakukan hal yang benar.Inilah mengapa setiap situasi yang merusak kebebasan sesungguhnya merusak Penghargaan Diri kita,karna ketika kebebasan kita dibatasi,kemampuan kita memilih pun menjadi terbatas juga.

Sumber : Make peace with anyone (David J.Lieberman,Ph.D)

Sambungan di page berikutnya..

7 thoughts on “Penghargaan Diri”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s