Krisis Kredibilitas atau Krisis Kejujuran?


KPK

Perihal kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games XXVI terus bergulir dan menyeret sejumlah petinggi Partai Demokrat, bahkan Muhammad Nazaruddin yang ditetapkan sebagai tersangka sejak 30 Juni lalu juga menuding sejumlah pimpinan dan staf KPK . Di radang masalah, kini kepercayaan publik terhadap KPK sampai pada tingkat 41, 6 persen, merujuk pada survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia, Juni 2011 lalu. Adjie Alfaraby,peneliti LSI-lansiran Tempo –menyebutkan, LSI menemukan data bahwa masyarakat perkotaan cenderung lebih skeptis terhadap KPK dibandingkan masyarakat pedesaan.

    Oleh sebab itu –KPK seharusnya membenah diri –memberikan sikap tegas terhadap kader-kader yang terseret kasus suap dan memaksimalkan kinerja yang structural dalam menangani kasus suap Wisma Atlet –walau hal tersebut tidak langsung meningkatkan kepercayaan public secara  menyeluruh dan membubung.

Langkah yang tepat –KPK membentuk Komite Etik dalam menyikapi tudingan Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu, ditambah permintaan positif Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi M. Jasin, Komite Etik beranggotakan orang luar. Kini KPK makin sempurna, menyelesaikan masalah internal Delegasi juga internal Bangsa.Krisis kredibiilitas saat ini mengindikasikan adanya pekerjaan yang kocah-kacih –sehingga terjadinya kontraindikasi antara maksud pembentukan KPK terhadap kinerja Delegasi yang selama ini masih kurang memuaskan.

Amat disayangkan ketika public dibanggakan oleh adanya pendobrak dan pendorong Indonesia yang bebas dari korupsi,penindak tikus-tikus berdasi –harus dirundung pilu. Memang benar, KPK masih berumur 8 tahun. Pembenahan sana-sini masih sangat diperlukan, belajar dari lembaga sejenis KPK di luar negeri mungkin diperlukan dalam menghadapi berbagai masalah. Meningkatkan mutu dan kinerja harus menjadi prioritas utama dalam membentuk lembaga seperti KPK.

Kesulitan yang dialami oleh KPK seharusnya mampu disokong oleh pemerintah, juga wajib oleh KPK bersanding dengan setiap pihak yang bersangkutan –dalam memberantas para koruptor. Akan menjadi kesulitan yang abadi –apabila KPK tidak didampingi oleh peran-peran eksternal yang menjunjung tinggi kejujuran serta kemandirian.Sifat independen yang istimewa bagi KPK merupakan penunjang kesempurnaan dan kesuksesan dalam memberantas para koruptor.

Disamping itu semua, kejujuran yang seharusnya menjadi modal penting bagi setiap anggota KPK, luruh oleh tudingan-tudingan Muhammad Nazaruddin.Sekali lagi public di ajak menonton drama tragis yang di perankan oleh “aktor-aktor” terbaik bangsa. Walau kini “pemeran utama” sudah tertangkap dan di bawa pulang oleh tim gabungan.Kini saatnya ia membuktikan kebenaran setiap “nyanyian” yang “menghiasi” detik-detik ia menghilang.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s