Pendiri PayPal Berencana Bangun Negara Terapung


Pendiri PayPal, Peter Thiel punya ide gila. Dia berencana membuat Negara terapung. Negara itu akan berada perairan internasional dan akan memiliki peraturan sendiri tidak terkait dengan negara manapun.

Thiel, 43, yang memiliki kekayaan 910 juta poundsterling telah memberi dana 763 ribu poundsterling kepada Seasteading Institute untuk mewujudkan rencananya. “Mungkin banyak yang berpikir ini hal mustahil, tapi itu suatu keuntungan buat kami,” kata Thiel.

Keuntungan yang dimaksud Thiel, sampai saat ini tidak ada yang percaya akan terwujud. Sehingga tidak ada yang mencoba menghentikan kami. “Sampai akhirnya mereka terlambat,” katanya.

Ide negara terapung ini berasal dari ide radikal liberal, yang menghormati kebebasan individu. Negara apung ini nantinya berbeda betul dengan negara konvensional.

“Membuat negara apung satu-satunya cara untuk membuat masyarakat baru di bumi,” begitu bunyi pernyataan Seasteding Institute, lembaga yang menjadi kepala proyek ini.

Lembaga tersebut dioperasikan oleh Patri Friedman, bekas engineer Google yang juga cucu dari peraih nobel ekonomi Milton Friedman. Rencana besarnya negara itu bisa menampung 10 juta orang pada 2050. Saat ini mereka tengah menyiapkan miniaturnya yang menampung 270 orang.

One thought on “Pendiri PayPal Berencana Bangun Negara Terapung”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s