Soal dan Jawaban Hukum Pidana


  1. Pengertian hukum pidana :

Jawab :

Sekumpulan peraturan yang dibuat oleh negara, isinya berupa larangan dan keharusan –sedang bagi yang melanggar dikenakan sanksi yang dapat dipaksakan oleh negara.

  1. Tujuan hukum pidana :

Jawab :

  • Aliran klasik : Hukum pidana bertujuan untuk menakut-nakuti setiap orang, agar tidak melakukan perbuatan yang tidak baik (delik)

Menurut aliran ini, tujuan hukum pidana bermaksud untuk melindungi individu-individu dari kekuasaan penguasa yang sewenang-wenang.

  • Aliran Modern : Hukum pidana bertujuan untuk mendidik orang yg telah melakukan perbuatan yang tidak baik menjadi baik dan dapat diterima kedalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut aliran ini, hukum pidana bertujuan untuk melindungi setiap orang dari tindaj kejahatan dan pelaku kejahatan, oleh sebab itu, aliran ini dipengaruhi oleh kriminologi.

  1. Fungsi hukum pidana :

Jawab :

Hukum pidana berfungsi untuk mengatur dan menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat –agar tercipta dan terpeliharanya kepentingan umum.

  1. Ruang lingkup berlakunya hukum pidana :

Jawab :

  • Menurut waktu berlakunya hukum (Asas Legalitas) :
    • Asas legalitas menurut pasal 1 KUHP, Tiada suatu perbuatan dapat dipidana kecuali atas kekuatan aturan pidana dalam perundang-undangan yang telah ada sebelum perbuatan dilakukan.
  • Jika sesudah perbuatan dilakukan ada perubahan dalam perundang-undangan, dipakai aturan yang paling ringan bagi terdakwa.
  • Menurut Tempat berlakunya hukum pidana
    • Asas territorial (Pasal 2 KUHP)

Berlakunya UU Pidana suatu negara semata-mata digantungkan kepada tempat dimana tindak pidana itu dilakukan dan tempat tersebut harus terletak diwilayah atau territorial negara yang bersangkutan.

  • Asas nasionalitas pasif / Asas perlindungan (Pasal 3 KUHP)

Peraturan hukum pidana Indonesia berfungsi untuk melindungi keamanan kepentingan hukum terhadap gangguan dari setiap orang di luar Indonesia terhadap kepentingan hukum Indonesia itu. Didalam pasal 3 KUHP berbunyi : Ketentuan pidana dalam perundang-undangan Indonesia berlaku bagi setiap orang yang berada diluar Wilayah Indonesia melakukan tindak pidana didalam kendaraan air atau pesawat udara Indonesia. (Dijelaskan didalam pasal 4 KUHP tentang tindak pidana yg termasuk, juga pengertian kendaraan tempat terjadinya pidana)

  • Asas nasionalitas aktif / Asas personalitas (Pasal 5 KUHP)

Ketentuan hukum pidana berlaku bagi setiap WNI yang melakukan tindak pidana diluar Indonesia.(batasan-batasannya terdapat dalam pasal 5 KHUP, 1e, 2e)

  • Asas universalitas (Asas Persamaan)

Asas yang bersifat mendunia, dan tidak membeda-bedakan warga negara apapun, yang penting terjaminnya ketertiban dan keselamatan dunia.

  1. Pengertian tindak pidana / Strafbaar feit (Delik) :

Jawab :

Perbuatan yang oleh aturan hukum dilarang dan diancam dengan pidana. Dimana pengertian “perbuatan” disini, selain perbuatan aktif (Melakukan sesuatu yang sebenarnya dilarang oleh hukum) juga perbuatan yang bersifat pasif ( tidak berbuat sesuatu yang sebenarnya diharuskan oleh hukum).

  1. Unsur-unsur tindak pidana :

Jawab

  • Unsur Objektif

Unsur yang terdapat diluar si pelaku. Unsur-unsur yang ada hubungannya dengan keadaan, yaitu dalam keadaan-keadaan dimana tindakan-tindakan si pelaku itu harus dilakukan. Terdiri dari :

  • Sifat melanggar hukum
  • Kualitas dari si pelaku. Misalnya, lihat pasal 415 KUHP
  • Kausalitas
  • Unsur subjektif

Unsur yang terdapat atau melekat pada si pelaku, atau yang dihubungkan dengan diri si pelaku dan termasuk di dalamnya segala sesuatu yang terkandung di dalam hatinya. Unsure ini terdiri dari :

  • Kesengajaan atau ketidaksengajaan (Dolus dan Culpa)
  • Maksud pada suatu percobaan, seperti yang ditentukan dalam pasal 53 Ayat (1) KUHP. (Niat)
  • Macam-macam maksudseperti terdapat dalam kejahatan-kejahatan pencurian, penipuan, pemerasan, dsb.
  • Merencanakan terlebih dahulu, seperti yang tercantum dalam pasal 340 KUHP, yaitu pembunuhan yang direncanakan terlebih dahulu
  • Perasaan takut seperti terdapat di dalam pasal 308 KUHP
  1. Jenis-jenis tindak pidana :

Jawab :

  • Kejahatan dan pelanggaran
  • Delik formal dan delik material
  • Delik dolus dan delik culpa
  • Delik comisionis dan delik omissionis
  • Delik aduan dan delik biasa

4 thoughts on “Soal dan Jawaban Hukum Pidana”

  1. Assalamualaikum pak saya mau tanya, jika seseorang memindahkan KK atau KTP ke daerah Lain tanpa sepengetahuan kita data kita sudah di pindahkan sedang KTP elektronik masih hidup, itu ada uu ga pak kena sangsi ga pak?

    Suka

  2. Ass. sy mau tanya tentang concursus realis. dimana menurut penjelasan yg ada bahwa bila terdpt 2 atau lebih tindak pidana digabungkan.. tetapi bagaimana bila hal itu tidak dilakukan dan semua pidananya disidangkan masing2 hanya beda hari saja dan tetap divonis untuk masing2 pidana.. pembelaan hukum apa yg bisa dilakukan oleh terpidana. trmksh.

    Suka

  3. selamat siang, saya ingin bertanya jika seseorang yang mendirikan bangunan diatas tanah orang lain yang telah bersertifikat atas ijin dari pemilik tanah tersebut. dimana kesepakatan awalnya jika sewaktu waktu pemilik tanah tersebut akan menggunakan tanah itu maka tanah tersebut akan diambil kembali oleh pemiliknya. namun ketika tiba saatnya pemilik tanah tersebut akan mengambil kembali tanah itu, orang yang mendirikan bangunan meminta ganti kerugian untuk bangunan tersebut. apakah ada hukum pidana yang dapat di kenakan terhadap orang tersebut ? terima kasih.

    Suka

    1. Salam.
      Selamat siang, menurut hemat saya. Ketika ada aturan khusus yg dibuat oleh para pihak dan peraturan itu tdk bertentangan dgn peraturan yg umum KUHPdt. Maka kesepekatan itu berlaku utuh.

      Maksudnya, apabila si pembangun bangunan pada tanah izin itu tidak mengatur ttg ganti rugi pada saat perjanjian. Maka pemilik tanah tdk dpt dikenakan sangsi.

      Sebab peraturan/ perjanjian yg mereka buat telah disepakati bersama. Tinggal nanti ketika ada perselisihan semacam ini, tntu para pihak akan memutuskan akan diselesaikan dgn cara yg bagaimana, kekeluargaan kah atau pengadilan.

      Terima kasih.

      Suka

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s