Tiga Tahun Mewabah


Sukatulis
Sukatulis

INI kali ketiga wordpress.com mengirim papan bunga virtual kepada sukatulis.wordpress.com sebagai hadiah kecil dalam ulang tahunnya yang ketiga. Saya, diwakili oleh sukatulis.wordpress.com seolah menjadi inang penyebar virus “kreasi” ala anak muda di dunia maya yang konon menjadi basis semangat menulis. Syukur, hobi saya satu ini sudah memasuki hari yang ke 1.111, semoga langgeng hingga nanti, paling tidak besok.

Papan Bunga Virtual
Papan Bunga Virtual

Idiom kuno mengatakan, lebih sulit mempertahankan daripada mendapatkan. Saya setuju dengan idiom itu, dan saya yakin teman-teman blogger lain juga setuju perihal patahan kata itu. Hari gini siapa sih yang gak bisa buat blog? Semua orang bisa melakukannya, namun apakah semua orang bisa mempertahankan blog yang telah dibuat?

Saya setuju banyak blogger terkadang jenuh dengan dunia per-blogger-an. Saya juga setuju yang membuat jenuh para blogger itu adalah minimnya pengunjung, apalagi komentar, konon pengikut. Sehingga banyak blogger menggunakan cara instan, yaitu dengan memposting cerita-cerita merah nan gerah, membuat mata pembaca keblinger.

Papan Bunga Virtual
Papan Bunga Virtual

Namun bak menabur angin, topan pun dituai, blog yang tadinya diniatkan untuk hal-hal yang jelita malah balik kanan, menambah saldo dosa penulis dan pembacanya, untuk apa?

Bayangkan jika konten itu dikonsumsi oleh anak-anak atau bocah under Baliqh. Sekarang zamannya multimedia, siapa saja dapat mengakses segala informasi melalui internet, tanpa ada batasan umur, informasi bermuara diujung telunjuk. Tanpa pengawasan orang tua, si anak akan menafsirkan sendiri maksud dari konten itu, ujungnya coba-coba, akhirnya ketagihan, sehingga menjadi gaya pergaulan.

Followers Tahun Lalu
Followers Tahun Lalu

Oleh karnanya, saya mengajak teman-teman blogger seantero jagad raya untuk mengurunggkan jalan pintas dan mulai beralih ke jalur lurus-mulus yang cerdas dan mencerdaskan, yang sopan lagi mulia.

Produktifitas sukatulis bisa dikata minim, sudah tiga tahun mengudara, postingan yang diterbitkan hanya seratus sekian. Jujur saya minder dengan blogger-blogger sekaliber Raditya Dika, Budi Putra, atau siapapun yang tingkat produktifitasnya sangat tajam.

Sebab dalam hal kebaikan, saya harus mendongak agar timbul rasa “iri” yang bermetamorfosis menjadi stimulan menuju kesuksesan. Jangan puas dengan nilai A dan jangan menyerah dengan nilai X saya jadikan ramuan pembangkit keperkasaan menulis. Belum lagi jika kita bisik-bisik masalah pengorbanan, ada jutaan quote yang memagari sifat loyal terhadap hobi ini.

Kesibukan saya yang paling mendasar saat ini adalah kuliah. Setengah hari saya habiskan waktu untuk kuliah, termasuk didalamnya ngopi di kantin. Selain SE Terms, saya mendulang isu dari duduk ngopi bareng teman, lebih sedikit berbicara namun lebih banyak mendengar, agar mengerti makna dibalik kata. Sebab ketika berbicara hanya ada dua kemungkinan, kalau tidak baik tentu buruk.

Suka Tulis
Suka Tulis

Saat ini sukatulis.wordpress.com telah menerbitkan sedikitnya 163 postingan, tiga diantaranya merupakan buah pikir mahasiswa IPB Bogor, UiTM Malaysia, dan Unimal Lhokseumawe. Pelanggan sukatulis sudah mencapai 1.343 orang (Subcriber), dengan total tayangan paling tinggi pada 8 Oktober 2013, yaitu 746 tayangan.

Situs pemeringkat website, alexa.com menominasikan sukatulis pada peringkat 3.609.961 dunia, dan peringkat 62.527 di Indonesia. Saya percaya dengan mengisi konten yang menarik dan bermanfaat popularitas sukatulis terus membubung, meski bukan popularitas yang dikejar, namun itu salah satu prioritas.[]

Marchendise Buat Kalian (Free) :D
Marchendise Buat Kalian (Free)😀

Tinggalkan komentar

