Asam Padeh (Dok. IST)

Rekah Merah Asam Padeh


ASAM PADEH atau asam pedas bisa dikata ikon masakan khas nusantara di bumi Sumatera. Cita rasa asam dan pedas membuatnya unik, membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan. Masakan khas minangkabau dan melayu ini sungguh terkenal di Sumatera. Di Aceh, asam pedas lebih dikenal dengan sebutan “asam keueng”, sedang oleh masyarakat Gayo yang bermukim di Aceh Tengah lebih mengenal masakan ini dengan sebutan “masamjeng”.

Asam Padeh (Dok. IST)
Asam Padeh (Dok. IST)

Penyebaran seni memasak asam pedas bertumpu dari minangkabau hingga semenanjung melayu, mencari asal usul masakan unik ini sedikit sulit, sebab masing-masing daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Di Aceh misalnya, wujud asam pedas tidak merah layaknya asam padeh khas minangkabau, meski rasa asam dan pedasnya sulit dibedakan.

Asam padeh khas Minangkabau selalu menggunakan tambahan sayur, seperti kentang dan kacang panjang. Asam padeh selera Minangkabau memiliki kuah warna kemerahan. Warna merah pada kuah tidak benar-benar sebanding dengan rasa pedas, mungkin lebih pedas atau mungkin sebaliknya, sebab warnanya memang khas seperti itu bukan sebagai patokan rasa pedas.

Sesuai dengan namanya yaitu padeh berarti pedas dan asam berarti asam, alhasil rasanya serupa kuah sayur asem namun agak pedas dengan tekstur kuah lebih kental. Rasa asamnya lebih kuat daripada sayur asem, sedang pedasnya akan memberikan nuansa segar pada lidah, sungguh nikmat.

Asam padeh menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol,  kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi- cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya.

Nilai Gizi

Asam padeh memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk anak-anak maupun dewasa. Manfaatnya sangat besar karena merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral. Keunggulan utama pada ikan adalah tingginya kadar protein dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah unit terkecil dari protein yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia.

Protein sangat penting bagi perkembangan sel tubuh, pertumbuhan otak anak dan berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh. Protein yang terkandung dalam ikan merupakan 9 asam amino esensial super lengkap yang dibutuhkan manusia.

Selain protein, ikan mengandung kalsium, fosfor, lemak, dan zat besi. Lemak dalam ikan adalah jenis lemak baik yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh serta berfungsi untuk menormalkan detak jantung sekaligus memperbaiki pembuluh arteri yang menyempit.

Agar lemak pada ikan mas tidak rusak sebaiknya dimasak dengan cara direbus daripada digoreng. Salah satunya dengan memasak ikan mas menjadi sayur asam padeh yang bercita rasa tinggi, cepat sekali dibuat, dan memiliki kandungan gizi yang super untuk tubuh.

Yuk kita lihat komentar salah seorang blogger tentang masakan asam padeh ini.

Asam padeh adalah salah satu masakan padang yang “jinak” artinya rendah lemak dan kolesterol. Waktu suamiku disuruh diet, dokter gizinya menyarankan untuk makan Ikan Asam Padeh. Dan karena dibuat sendiri, dijamin tidak pakai minyak goreng sehingga sangat mengurangi kadar lemaknya. So, thanks to dr. Yohanes di RS Melinda, Bandung, masakan ini akhirnya jadi salah satu favorit kami .— cynthiatarigan.wordpress.com

Nilai gizi per porsi

kalori : 210 kkal

Karbohidrat : 11.9 g

Protein :23.8 g

Lemak : 7.4 g

Air Tangan Asam Padeh

Masakan khas minangkabau dan melayu yang menjadi salah satu kategori 30 ikon kuliner tradisional masakan indonesia ini telah menjadi hidangan khas masyarakat Melayu, Aceh dan Riau.

Bahan

Ikan Tongkol                                                                  600 Gram

Asam Kandis/ Belimbing wuluh                              2 Buah

Daun Kunyit                                                                     1 Lembar

Daun Jeruk Purut                                                          2 Lembar

Air                                                                                         ½ Gelas

Serai                                                                                      2 Gram

Bawang Putih                                                                    8 Gram

Bawang Merah                                                                 100 Gram

Lengkuas (Laos)                                                       2 Gram

Kemiri                                                                         3 Gram

Kunyit                                                                         2 Gram

Langkah Memasak

Pertama, Ikan tongkol dipotong sebesar 2 cm, lalu lumuri dengan air jeruk. Diamkan 15-20 menit.

Kedua, haluskan bumbu-bumbu halus (Bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, kunyit, cabai besar, kemiri).

Ketiga, tumis bumbu halus sampai berubah warna, lalu masukan batang serai yang sudah dimemarkan, tambahkan air, lalu masukan daun jeruk dan daun kunyit. Rebus sampai mendidih.

Keempat, Masukan ikan hingga semua terendam dalam kuah cabai. Masak dengan api kecil hingga air menyusut dan kuah agak mengental.

Kelima, Masukan asam kandis dan garam secukupnya. Aduk sebentar dan angkat.

 

Tips

Ikan Tongkol ini bisa diganti dengan daging, Ikan Gurame ataupun jamur tiram. Apabila menggunakan daging, jumlah air dikurangi karena pada saat dimasak daging akan mengeluarkan air, dan daging dimasukkan bersama-sama pada saat mulai merebus kuah (jangan sampai mendidih)untuk Ikan gurame dan Jamur Tiram, karena teksturnya lebih lembut pada saat air mendidih masukkan asam kandis, tunggu agak menyusut airnya baru masukkan Ikan Gurame atau Jamur.

Tips Memilih Ikan Tongkol

Ikan Tongkol Segar
Ikan Tongkol Segar

Kenali beberapa tanda ikan segar, seperti warna kulitnya yang terang dan cerah, bila ditekan daging ikan terasa keras, matanya jernih menonjol dan cembung. Sisik ikan segar masih melekat kuat serta mengkilat dengan sisik masih utuh, insang berwarna merah, dan yang pasti ikan segar tidak akan berbau busuk.

Tips memilih asam kandis

Asam Kandis
Asam Kandis

Ada beberapa macam jenis asam. Puji Retnaningsih, seorang pemerhati boga membagi rahasia memilih asam yang cocok untuk berbagai masakan, termasuk asam padeh.

–          Asam mentah, rasanya lebih asam dibanding yang matang. Beberapa jenis masakan lebih nikmat jika menggunakan asam satu ini, seperti sayur asam.

–          Asam kandis, asam yang dipilih dengan langkah pengringan ini lebih praktis dan tidak mengotori masakan. Cara membuatnya juga cukup mudah, asam yang sudah tua cukup dijemur di terik matahari,sampai warnanya kecoklatan.

Langkah menyimpan kedua asam itu juga cukup mudah. Yaitu dimasukkan ke lemari pendingin setelah dibungkus plastik kedap udara.

Tips memilih kunyit

Kunyit
Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang banyak dipakai. Saat membeli, pilihlah umbi kunyit yang besar dan tua atau keras. Kunyit yang tua akan memeberikan warna kuning yang pekat dan aroma kunyit lebih kuat. Jangan memamkai kunyit yang sudah agak busuk umbinya, sebab rasanya akan pahit. Simpan kunyit di tempat kering agar tidak bertunas.

Tips memilih serai

Meskipun serai merupakan pusat masakan Asia, khususnya Thailang dan Indonesia, serai juga digunakan pada masakan barat. Serai juga biasa dikenal dengan sebutan sereh, tumbuh dalam rumpun yang padat, tepat pada batang induk dipotong.

Serai
Serai

Untuk memilih serai yang baik, perhatikan akarnya, apabila kasar maka sereh tersebut sudah terlalu tua dan tidak cocok untuk dipakai sebagai bumbu masakan.

Bagian batang di dekat akar biasanya berwarna kuningpucat, sedangkan di bagian attas putih dan hijau. Jangan memilih sereh yang memiliki daun bagian luar berwarna kecoklatan.

Tips memilih kemiri

Kemiri
Kemiri

Salah satu jenis bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai campuran bumbu masakan berkuah dan bersantan guna menambah cita rasa nun gurih dalam masakan. Pilihlah kemiri yang mempunyai warna alami yaitu kuning kecoklatan, jika yang berwarna putih bersih, kemiri telah dicuci dengan pemutih.

Agar biji kemiri lebih awet, kemiri sebaiknya dicuci terlebih dahulu, keringkan lalu disangrai sampai berwarna kecoklatan. Dinginkan kemudian simpan dalam botol tertutup.

Tips memilih lengkuas

Pilih bentuk lengkuas yang tidak kering dan keriput. Sebisa mungkin pilih lengkuas yang tidak banyak cabangnya, agar mudah dibersihkan.

Lengkuas
Lengkuas

Tekan-tekan lengkuas. Bila terlalu keras, maka ia sudah terlampau lama. Lengkuas yang keras seperti ini sulit dikupas dan dimemarkan. Pun jangan memilih lengkuas yang terlalu lembek, sebab rasanya pahit dan kurang beraroma.

Simpang lengkuas di dalam keranjang di tempat yang sejuk. Tidak disarankan disimpan di dalam lemari es.

Tips memilih cabai

Selalu beli cabai segar dan masih memiliki batang yang juga segar. Pastikan batang cabai tersebut masih melekat sempurna pada cabai. Hindari membeli cabai yang basah karena terkena air dalam waktu lama akan membuat cabai lebih mudah busuk. Hindari juga membeli cabai yang sudah tidak memiliki batang jika Anda ingin menggunakannya beberapa hari kemudian.

Cabai
Cabai

Setelah sampai di rumah, segera cuci cabai dengan air yang mengalir, langsung keringkan dengan kain kering. Angin- anginkan dalam udara terbuka hingga tidak ada air yang tersisa.

Selalu biasakan untuk tidak memotong batang cabai bila Anda hendak menyimpannya di dalam kulkas. Cabai yang tangkainya dipotong lebih cepat membusuk dibandingkan cabai yang disimpan dengan tangkai yang masih utuh. Simpan cabai yang telah kering ke dalam kantong plastik bening yang diikat rapat, atau gunakan wadah plastik untuk hasil yang lebih baik. Kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Tips memilih bawang

Pilih bawang yang masih segar, kering dan tidak bertunas. Berwarna putih bersih, tidak berserabut, isinya keras dan tidak lembek. Saat membeli bawang merah, pilihlah yang umbinya besar, utuh dan kulitnya kering.

Banyak pedagang nakal yang sengaja membasahkan bawangnya agar lebih berat, sehingga tidak rugi ketika menjual. Jika sudah terlanjur membeli yang dalam keadaan basah, sebaiknya langsung dijemur atau diangin-anginkan. Setelah itu kita bisa menyimpannya di tempat kering.

Usahakan membeli bawang yang masih utuh (masih ada akarnya). Hal ini dilakukan agar bawang lebih awet dan tidak cepat busuk. Sebelum disimpan, bawang wajib dalam keadaan kering.

Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang Merah dan Bawang Putih

Hal ini penting agar bawang tidak tumbuh tunas. Caranya bisa dijemur atau diangin-anginkan. Banyak yang berasumsi menyimpan bawang di lemari es akan membuatnya tahan lama.

Kenyataannya tidak, sangat tidak dianjurkan menaruh bawang ditempat tertutup, lembab, dan gelap. Simpan bawang didekat kompor. Mengapa? Agar setiap kita memasak dan menyalakan kompor, bawang akan mengalami pengasapan, sehingga lebih awet. Gunakan jaring.

Dengan menyimpan bawang menggunakan jaring, sirkulasi udara yang ada akan lebih baik. Bawang tidak menjadi lembab. Jika terpaksa untuk menaruhnya di lemari es. Lebih baik bawang merah dan bawang putih dihaluskan terlebih dulu, simpan di wadah tertutup, dan di masukkan ke freezer.

Daftar Sumber

Sumber I

Sumber II

Sumber III

Sumber IV

Sumber V

Sumber VI

1st-01

7 thoughts on “Rekah Merah Asam Padeh”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s