Diundang Agar Mampu Mengundang


Dok. Atjehpost.com
Dok. Atjehpost.com

Dahaga meneguk ilmu jurnalistik terbayar tuntas setelah mengikuti workshop jurnalistik budaya dan wisata di The Pade Hotel, Aceh Besar. Tak tanggung-tanggung, workshop digelar selama tiga hari berturut-turut, 11 sampai 13 April.

Oleh karnanya, saya haturkan ucapan terima kasih, ruah, untuk Dinas Budaya dan Pariwisata kota Banda Aceh. Spesial kepada komunitas GamInong Blogger (GIB). Sebab, atas keringat mereka, perhelatan kegiatan positif itu sukses!

Niat si empunya acara tak lain agar pemuda Aceh semakin terampil memperkenalkan kekayaan alam Aceh, khususnya Banda Aceh kepada dunia. Sebab kekayaan alam Banda Aceh cukup menjanjikan untuk dijamahi. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata belanja, wisata bahari sampai wisata sejarah akan memenuhi rencana perjalanan anda. Agaknya tidak cukup jika berkunjung 2-3 hari.

Ilustrasi (Dok. rexyedventures.com)
Ilustrasi (Dok. rexyedventures.com)

Tidak terpaku pada keindahan seni menulis, pada workshop jurnalistik itu, panitia menyuguhi kami dengan materi fotografi, media sosial, bahkan esensi dari promosi. Seperti sepaket ilmu yang terbungkus oleh bingkai kaya warna. Komplit.

Pemateri yang dihadirkan juga begitu santer dengan segudang prestasi dalam karirnya, Iskandar Zulkarnaen, misalnya, pengelola situs kondang, Kompasiana.com. Nurlies E. Meuko, wartawan senior. Mantan Redpel VIVA.co.id, Nezar Patria. Bos dapur redaksi Atjehpost.com juga turut hadir, Yuswardi A. Suud. Fotografer pemenang kompetisi tingkat Internasional, Heri Juanda, turut berbagi ilmu jepret-jepret. Sedang esensi promosi dipaparkan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Disbudpar Kota Banda Aceh.

Mengusung semangat Charming Banda Aceh, pegiat travel writer kota Banda Aceh diajak mempromosikan lokasi-lokasi Top Rated yang tersua di kota seribu satu sultan itu. Pun tanpa diajak, seyogiyanya, para travel writer Kota Banda Aceh sudah menyajikan ulasan menarik seputar lokasi wisata Kota Banda Aceh, namun, untuk menambahkan poin “Sempurna”, duduk mendulang ilmu seperi itu perlu dihelat.

Peminat workshop ini cukup ramai, melebihi kuota yang ditentukan oleh si empunya acara. Awalnya Saya melihat hal ini sebagai sebuah masalah, sebab tidak semua peserta dapat “kursi”. Ada yang beruntung dan kurang beruntung.

Dok. Atjehpost.com
Dok. Atjehpost.com

Justru, masalah itulah solusinya. Artinya, niatan saja tidak cukup. Terlihat ketika panitia mengundang seluruh calon peserta workshop untuk hadir di sebuah caffee untuk duduk bersilaturahmi sekaligus wawancara “alakadar” untuk melihat besar-kecil antusias para calon peserta workshop. Faktanya, mereka yang mendaftar dengan modal niat saja tidak memenuhi undangan itu.

Patut si empunya acara mencoret nama-nama calon peserta yang modal niat doang. Butuh hasrat ditambah nilai juang yang kontras untuk menggoda si empunya acara agar hatinya luluh dan mendapatkan “tiket” peserta. Saya merasakan itu, mereka tidak sedang buang-buang uang, mereka sedang melakukan investasi.

IMG_20140413_124543
Saya bersama Bg Iskandar Zulkarnaen (Pengelola Kompasiana.com) sesaat setelah Bg IsJet memberikan materi.

Maka hadirlah 30 pemuda Aceh di ruangan mewah Full AC, sebotol air minum tambah Poco Grande Glass berdiri dimeja berselimut Linen Table Manner. Nyaman. Berkelas.

Saya mendulang banyak sekali ilmu, tidak hanya dari pemateri, namun juga peserta. Sebab pengalaman para peserta bukan lagi isapan jempol. Makmur Dimila, misalnya, blogger asal Aceh ini pernah diundang oleh Daihatsu Indonesia untuk mengikuti “Pesta Sahabat Daihatsu”. Citra Rahman, yang konon sudah “mengobok-obok” Thailand dan Malayasia dengan mata penanya.

Sekarang, setelah diberi “amanah”. Kami jadi lebih berhasrat mengumbar keindahan Kota Banda Aceh keseluruh penjuru tanah air, baik lewat tulisan, foto, atau video. Terima kasih Disbudpar, terima kasih GamInong Blogger. Akan ada perubahan besar setelah ini.[]

5 thoughts on “Diundang Agar Mampu Mengundang”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s