WordPress: Lima Unsur Penting untuk Halaman Depan


Ilustrasi (techwyse.com)
Ilustrasi (techwyse.com)

Tempo hari saya telah membahas mengenai dampak halaman utama kepada calon pembaca anda (Baca: Kesan Pertama, Halaman Utama) intinya, halaman utama merupakan salah satu penentu bagi pengunjung untuk berlama-lama melanglang di situs anda.

Cheri Lucas Rowlands
Cheri Lucas Rowlands

 

Your site’s front page is like the front door to your home: you want it to look and feel inviting, as well as unmistakably you. Here’s a quick list of five things — big and small — to consider when building your front page.– Cheri Lucas Rowlands (Design WordPress.com)

 

Beberapa waktu yang lalu, wordpress.com menerbitkan kiat-kiat yang dapat dilakukan pengguna blog untuk memberikan nuansa “welcome” pada halaman depan situsnya. Hal ini penting agar konten yang tersaji dengan baik dapat dikonsumsi oleh pembaca sejagat dunia.

Tulis Nama Blog, Besar dan Jelas

Nama kedai menjelaskan barang dagangannya, begitu juga blog. Pengunjung anda akan melihat nama blog untuk mengetahui apa yang sebenarnya anda tawarkan kepada pembaca. Oleh karnanya, tulislah nama blog beserta tagline untuk menjelaskan kepada para pengunjung bahwa mereka sedang berada tepat pada lokasi yang mereka cari.

Tak jarang platform-platform blog seperti blogger dan wordpress mendesign tema dengan porsi nama blog dan tagline memenuhi header. Itu semua dikerjakan untuk mendukung pengguna blog agar mudah memperkenalkan niatan pada judul postingan.

Selain itu, untuk menambah keindahan pada nama blog. Anda dapat mengimbuhkan gambar pada header, hal ini cukup ampuh menambah nilai estetika pada nama blog dan tagline anda. Agar lebih terlihat menarik dan berwarna.

“Hook” si penggait yang unik

"Hook" Ilustrasi (Dok. IST)
“Hook” Ilustrasi (Dok. IST)

Istilah “Hook” dalam dunia per-blogger-an cukup populer. Mengingat tidak ada makna yang sepadan dengan istilah ini. Blogger-blogger yang menggunakan “Hook” menyebutkan teknik ini cukup ampuh menggait pengunjung untuk betah di situsnya. Mereka mengartikan “Hook” sebagai seperangkat perbuatan yang mampu menggoda calon pengunjung agar berkunjung sejak “tatapan pertama”.

Singkat cerita, pengguna blog mendesign tatanan dan isi konten blog untuk menggait calon pengunjung. Para blogger menganggap sebuah situs layaknya rumah, mengecat backgounds seakan mengecat rumah mereka sendiri, menata sidebars layaknya menata rak buku. Mengimbuhkan foto seakan sedang memajang foto di dinding.

Richard Wiseman, misalnya, seorang penulis buku yang mendesign halaman depan situsnya dengan sebuah postingan kecil, “30 Second Introduction”: sebuah slideshow yang meringkas pekerjaan dan prestasinya, cukup menarik dengan tayangan gambar agar para pengunjung tidak jenuh.

Anda dapat membuat sebuah video singkat atau sebuah animasi untuk menjelaskan blog anda dengan ringkas dan menarik, tentunya berbeda dari blogger yang lain.

Tampilan Menu Lengkap dan Terlihat

Ingat dengan buku manual yang berikut dengan kotak barang elektronik anda? Ya, sebuah buku yang mengajari anda untuk mengoperasikan sebuah perangkat. Pernah anda bayangkan ketika anda harus membuat buku manual untuk pengunjung blog, agar mereka mudah mengoperasikan situs anda?

Inilah yang terjadi jika sebuah situs tidak menampilkan menu dengan lengkap dan jelas, dimana saya dapat menemukan ini? Melihat arsip? Melihat penulisnya? Nomor kontaknya?

Ilustrasi (Dok. infusionsoft.com)
Ilustrasi (Dok. infusionsoft.com)

Buatlah tampilan menu sebaik mungkin, artinya, mudah didapatkan oleh pengunjung situs. Hal ini diperlukan agar pengunjung tidak tersesat di situs anda

Sebuah tampilan yang kohesif dengan design terpadu

Butuh uang? Tidak! Namun anda harus memikirkan matang-matang dan mulai berkarya, membuat sebuah tampilan yang kohesif dengan design terpadu. Lalu klik situs anda dan biarkan ia terbuka, “Apakah pada jendela ini semua informasi terangkum? Tanpa harus scrolldown”. Jika ya, anda sukses.

Lihatlah header-header yang didesign sedemikian rupa untuk menambah kekhasan sebuah situs. Buatlah sebuah header yang dibawahnya langsung melekat sidebar agar tampak sebuah design yang kohesif. Untuk menambah daftar inspirasi anda, kunjungi lah situs-situs yang memiliki design halaman depan yang kohesif dan terpadu, seperti, Debbie Does Doodles.

Pilihan pembaca untuk menghubungi anda

Terakhir, setelah para pembaca puas dengan apa yang anda suguhkan. Mereka akan mengucapkan terima kasih dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada diantaranya yang meminta anda untuk mengulas tentang sesuatu, atau ingin menjadi teman anda melalui media sosial.

Oleh karna itu jangan menutup diri dengan media sosial yang ada saat ini. Buatlah akun Facebook atau Twitter untuk memudahkan pembaca menghubungi anda. Atau tambahkan widget About me pada sidebar untuk mengenalkan diri anda kepada pembaca. Imbuhkan email, pin, atau nomor kontak.

4 thoughts on “WordPress: Lima Unsur Penting untuk Halaman Depan”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s