Agar Konten “Disayang” Google


SEO
(Ilustrasi/ amire.com.au)

Menciptakan sebuah situs yang ramah SEO akan membantu pembaca menemukan postingan anda. Berikut beberapa tips guna menciptakan sebuah konten yang lebih “terlihat”.

Bagi pengguna Blogspot atau WordPress, anda tidak perlu cukur rambut hanya agar blog anda dikenali mesin pencari. Tidak perlu menghabiskan berGigaGigaByte kuota modem supaya blog anda berada dibarisan pertama mesin pencari. Postingan anda selalu mendapat bangku “VIP” di dunia mesin pencari.

Namun yang menjadi masalah adalah menjaga bangku “VIP” itu. Karna tidak sedikit postingan-postingan yang juga pantas namun tidak kebagian “bangku”. Banyak sekali kata kunci yang serupa, postingan yang serupa, dan hal lain yang tergolong serupa yang menyesaki mesin pencari.

Oleh sebabnya, patut bagi seorang blogger meramu sebuah konten yang serupa namun tak sama. Pesan yang disampaikan boleh saja sama, namun bungkuslah dengan gaya yang berbeda, dengan cara yang lain, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh orang banyak.

seo-building-blocks
(Ilustrasi/ jasaseoque.com)

Posting Sesuatu

Benar sekali, postinglah sesuatu. Sesuatu yang berbeda, mulailah dari hal yang paling dekat. Tidak ada alasan untuk tidak memposting. Jaman sekarang anak 4l4y pun menggunakan Gadget, gunakan gadget untuk hal positif, seperti memposting konten pada blog dan menjaring isu.

Bahas lah sesuatu pada blog anda, baik yang ringan maupun yang berat. Otomatis pembaca seperti diajak berdiskusi. Tidak ada syarat baku dalam memposting konten pada blog, blogger tidak diwajibkan menulis 10 paragraf lengkap dengan hasil survey hanya untuk memposting.

Tulislah hal-hal sederhana, cukup beberapa paragraf. Jika menulis pun sulit, postinglah foto-foto yang anda suka, yang kira-kira diminati banyak orang. Tulis sedikit caption agar pembaca paham maksud dari foto. Upload video-video ciamik yang juga menggelitik pengunjung untuk menonton.

Disiplinlah dalam memposting. Saya yakin ada banyak sekali ide-ide cemerlang yang saban waktu melintasi pikiran, tuangkan ide dalam wujud yang anda kehendaki,seperti menulis, menggambar, foto, video, musik, atau bentuk lain. Bagikan itu di blog anda. Namun tentu saja, bijaklah, pastikan anda memeriksa segala hal sebelum memposting, hal ini penting agar pengunjung nantinya tidak bingung.

Tambah Tag

Semenit sebelum memposting, pikirkanlah beberapa tag untuk postingan anda. Pilihlah tag yang paling relevan dengan postingan, pilih tag dengan arti yang sangat umum sampai yang paling khusus. Jika anda menulis kisah perjalanan, tulislah tag #Travel #Shore #Fish #Sabang

Jangan terlalu banyak menulis Tag, sebab mesin pencari seperti Google akan “pusing” membaca daftar Tag yang anda tulis. Konon lagi dengan tag yang tidak ada hubungannya dengan postingan anda.

Tag seperti stimulan. Jika baik digunakan, blog anda akan tumbuh pesat. Jika menggunakannya secara berlebihan, akan membunuh blog anda!

seo2
(Ilustrasi/ jasaseoterbaik.org)

Cari dan Bertemanlah

Sudahkah kalian mengikuti sebuah blog? Saling berkomentar atau paling tidak menegur sapa? Mulai sekarang, carilah blogger dan mulailah berteman, semakin sering anda berinteraksi di dunia bloggerian, mesin pencari juga semakin mengenal anda.

Ada banyak sekali forum-forum blogger di bumi ibu pertiwi ini. Ada banyak sekali komunitas, bergabunglah. Berinteraksilah di dunia maya melalui blog anda, tidak sebatas kopdar di dunia nyata.

Setelah berteman, mulailah berkomentar. Memberi like, saling mention. Bagikan postingan kepada komunitas dan rekan-rekan terdekat. Pastikan mereka memebri masukan untuk menambah kualitas dari konten yang kita posting, paksa mereka berpikir keras untuk menilai konten kita.

Kunjungi beberapa blog dan perkenalkan blog anda. Ajak mereka mengunjungi blog anda. WordPress menambahkan sebuah papan informasi postingan terbaik (Top Post) dari setiap blogger yang menggunakan platform wordpress.com. perhatikan postingan-postingan paling ramai dan perkenalkan blog anda disitu.

Mudah? Tentu saja mudah. Jangan pernah puas dengan jumlah postingan anda sekarang, atau jumlah pengunjung, atau peringkat blog anda di dunia. Jangan pernah puas!

29 thoughts on “Agar Konten “Disayang” Google”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s