Metamorfosis Blogger


asian_photos6
Ilustrasi mengambil foto/ video (SF: Winterson)

Kini kegiatan blogging sudah bermetamorfosis. Dari penyaji baris huruf sampai rekaman video. Agar blog tidak menemui “ajal”, ada baiknya para blogger juga bermetamorfosis untuk mengikuti perkembangan ini. Sadarkah kita bahwa penikmat konten blog saat ini merasa gerah dengan sajian yang melulu berupa tulisan dan gambar/ foto.

Alih-alih mereka lebih mengandrungi youtube.com atau vimeo.com demi memuaskan keinginan melihat “hal baru” yang bergerak. Jika ditilik dari produk jurnalistik, kini perusahaan-perusahaan media mainstream berbondong-bondong memproduksi rekaman video untuk memenuhi permintaan pasar. Kompas tv, misalnya, atau tempo.co video.

Blogger juga dapat mengadopsi kegiatan pembuatan video yang dilakukan oleh awak media. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan lalin blog, melengkapi produk-produk yang “dijual” para blogger.

Sehingga blogger menjadi lebih interaktif dan atraktif. Selain itu, keahlian blogger juga bertambah, dari sekedar menulis menjadi peramu gambar bergerak.

Katakanlah anda sedang berada di sebuah destinasi wisata. Lazimnya, para blogger akan menulis dan mengimbuhkan tiga-empat foto untuk mendukung ulasannya, disamping memperkaya produk blog-nya. Nah bayangkan jika anda melengkapi ulasan itu dengan video. Tentu lebih menarik.

Sebab, menjadi beda dengan blogger-blogger lain dapat meningkatkan lalin blog dan popularitas empunya situs tersebut. Tak perlu repot dalam hal mengolah video. Saya yakin dan percaya, dalam lima menit, anda dapat membuat video sederhana setelah membaca beberapa ulasan pembuatan video yang disajikan para video blogger di dunia maya. Semakin anda melakukannya, tentu kualitas video yang anda buat semakin ciamik.

Selain itu, dengan memproduksi video. Kini blog anda dapat dinikmati oleh para penikmat video saja, tidak tulisan. Dengan demikian, lalin blog juga dapat diperluas pada dunia video, film pendek, video diary, dsb. Tidak menutup kemungkinan video yang anda sematkan di blog menjadi footage bagi produsen video sekaliber metro tv, komunitas film dokumenter, dsb.

Arsip blog anda pun kini bertambah. Ranah “pasar” pun berkembang. Ledakan lalin tidak terelakkan. Video-video yang disematkan dapat bersifat tematik atau insidental. Tematik, biasanya ketika anda ingin membuat video bertemakan hari nasional maupun internasional. Pun apabila ada tema khusus yang anda tentukan untuk pengunjung setia blog anda, seperti wirausahawan.

Insidental, lazimnya video-video yang dibuat diluar perencanaan. Sifatnya tiba-tiba, seperti bencana alam atau kejadian-kejadian menarik yang terjadi di sekitar anda.

Dengan adanya channel pada blog anda, lengkap sudah produk-produk yang anda sajikan kepada pngunjung setia blog anda. Selamat berkreatifitas.

4 thoughts on “Metamorfosis Blogger”

  1. Akhir-akhir ini juga marak hal-hal yg berkaitan dg grafik. Maka banyak pula bermunculan infografik dan videografik. Blogger juga musti menyambut perkembangan ini.

    Sekadar tambahan….🙂

    Suka

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s