Screenshot_5

Lima Tahun Mengudara di Alam Maya


Lima tahun sudah mengudara di alam maya. Coba menjadi bagian zaman multimedia. Kini sukatulis.wp.com kembali diganjar bunga virtual wordpress yang kelima. Tak mudah memang, mempertahankan apa yang sudah dicapai, namun semua menjadi mungkin ketika itu adalah hobi. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan sambil lalu, di waktu senggang.

Rasanya perlu diputar kembali memoar saat pertama kali nyemplung di dunia blogging. Anak udik asal Aceh ini mencoba membebaskan diri dari belenggu gagap teknologi. Dengan semangat yang pas-pasan itulah kemudian menjelma menjadi hobi.

Seingat saya, komentar pertama kali muncul justru pada postingan ke 60-an. Tentu, putus asa bercampur rasa miris terus mengembang saat postingan demi postingan hanya menjadi kertas lecek di dunia maya, viewer yang ala kadar tanpa komentar.

Rasa-rasa itu kemudian menjalar ke dunia nyata. Apa saja yang saya kerjakan pasti teringat tentang blog yang kosong melompong tanpa pengunjung. Blog saya kala itu ibarat pantai yang tidak terjamah, indah memang, tapi tersembunyi. Letaknya yang sedunia dengan situs-situs beken kekiniaan justru membuatnya terus terkubur di sudut-sudut jaringan data internet. Ibarat desa terpencil yang jauh dari jalan raya.

Pun demikian, giat berbagi foto, postingan, dan konten lainnya tetap saya lakukan. Paling tidak dapat lah mendulang tiga atau empat like di situs orang. Orang Amerika, Facebook, adalah tempat konten dari blog saya menumpang tenar. Sebab banyak orang yang bernaung di situs yang tahun lahirnya terlampau dekat dengan sukatulis, Facebook adalah kakaknya.

Tahun pertama, saya terus mencoba memperkaya konten. Sebisa mungkin konten sejurus dengan giat dan minat saya, tanpa menalak keinginan para pembaca tentunya.

Kini, setelah agak tenar, sudah lebih nyaman. Sebab ada respon, ada pengunjung, ada yang membagikan apa yang saya tulis. Rasa percaya diri semakin mantap setelah saya menjuarai beberapa juara blogging. Saya semakin yakin bahwa efek ngeblog tak sebatas kepuasan jiwa, tapi juga raga.

Giat yang satu ini terus saya tularkan kepada orang-orang disekitar. Awalnya mengajak mereka membaca, lalu menulis. Ajang pamer, seperti mempertontonkan foto menang kontes menjadi senjata untuk mengajak. Sebab akan lebih mudah mengajak ke hal yang benar dengan bukti.

Nah, selamat ulang tahun sukatulis.wordpress.com. Selamat ulang tahun untuk segenap subscriber, viewer, komentator. Semoga kita akan tetap terus mengudara

Tinggalkan komentar

