Ilustrasi/ tokoo.id

Mengapa Mahasiswa Wajib nge-Blog?


Membunuh waktu luang, menambah jaringan, dan mengasah keterampilan menulis. Paling tidak kamu akan mendulang tiga hal itu, jika saja hobi nge-blog masuk ke dalam daftar interest kamu. nge-Blog dapat membawa banyak sekali hal positif dalam hidupmu. Dan untuk menyelami kegiatan ini, kamu tidak butuh bakat, keajaiban, keunikan, dan lain sebagainya. Sebab yang paling dibutuhkan dalam hobi ini adalah jaringan internet, hampir 90%.

Sisa 10% adalah kreatifitas kamu yang didominasi oleh hal yang kamu suka. Bingung? Semua orang tentu memiliki tajuk pembahasan yang digemari; musik, film, anime, pendidikan, lingkungan, hukum, dsb. Kesemua hal itu yang kamu sajikan di blog. Karena menulis hal yang paling dekat dengan diri kita akan jauh lebih mudah.

Apalagi seorang mahasiswa, wuih. Bahas soal mahasiswa tentu tidak ada habisnya. Kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari bisajadi mengimbangi eksekutif muda yang sibuk mengurusi perusahaan senilai jutaan dolar. Maksud saya, pergi pagi pulang pagi. Saya yakin semua mahasiswa mengalaminya. Tentu kesibukannya beragam, ada yang sibuk keorganisasian, magang, tugas, menghayal, pun tak ketinggalan mahasiswa yang sepanjang pendidikan meranya mahasiswi. Ah perkara ini saya yakin kamu lebih paham.

Haluan bincang yang ingin saya utarakan adalah kesibukan itu juga dapat dijadikan bahan untuk nge-blog. Inspirasi untuk blogging paling besar sumbernya tentu dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Wujud yang paling kita kenal seperti motivasi, pengalaman, juga tips dan trik justru muncul paling banyak dari hal-hal sederhana yang sering kita lakukan. Lantas mengapa kita pelit untuk membagi sejumput kisah yang barangkali dapat menjadi buah manis buat para pembaca sejagat alam maya?

Plagiarism

Merebaknya praktek plagiarism justru menurut saya karena pelaku merasa tidak mampu untuk menyajikan sesuatu yang layak, oleh karenanya mereka lebih memilih jalan copas ketimbang mencoba menyajikan sesuatu yang asli karya pribadi.

Hal lain yang juga menjadi alasan meng-copas karya orang lain adalah pelaku selalu berpikir bahwa karya orisinal yang akan dia buat tidak cukup canggih memuaskan para pembacanya. Padahal selama yang ia tulis tidak menjelekkan, menuding, memfitnah, dan tidak mengandung unsur SARA, karyanya sudah cukup baik. Sebab patokannya berdiri pada dua hal, jika seseorang menulis, maka eksesnya dua; baik dan buruk.

Jika yang kamu tulis tidak tidak menjelekkan, menuding, memfitnah, dan tidak mengandung unsur SARA, maka itu adalah tulisan yang baik, bermanfaat.

Nah, dengan hadirnya dunia blogging. Mahasiswa dapat melatih dirinya untuk percaya diri. Sehingga keluaran mental tempe seperti plagiat akan jauh. Blog tidak melulu soal menulis. Ada banyak hal yang dapat kamu posting di blog, misal video, foto, sketsa dan musik.

Materi

Bab lain dari keutungan nge-blog bagi mahasiswa adalah materi. Menurut saya ada 2 macam materi yang mungkin saja didapat oleh pegiat blog. Uang dan hadiah. Well, Uang disini lebih kepada reward iklan yang dibayar oleh pihak advertiser untuk blog-blog yang menjalin kerjasama. Ketika sudah mencapai tahap ini, saya yakin kamu akan melihat peluang yang lebih besar dengan menjadi giat ini sebagai sebuah profesi, profesi yang pada iklan rokok, “kerja pakai kolor”.

Selain itu, ada hadiah. Nah ini gampang-gampang susah. Sebab hadiah paling sering diberikan ketika kamu memenangkan lomba nge-blog. Ada banyak sekali lomba blog dengan berbagai tema, hadiahnya pun ragam. Mulai dari uang tunai, barang, voucer, dan tiket liburan.

Ada juga sih hadiah yang dikirim oleh para pembaca setia mu, tapi untuk yang satu ini tidak perlu dibahas ya. Kamu akan mengalaminya jika sudah mendulang banyak fans, dan itu sungguh menyenangkan.

Relasi

Jaringan atau jejaring pertemanan juga akan bertambah dengan semakin dalamnya kamu terjun ke dunia blogging. Dan jejaring pertemanan ini tanpa batas, lintas negara, lintas komunitas, bahkan lintas kegemaran.

Semakin majemuknya teman, dan bahan obrolan, secara otomatis akan membuka cakrawala dan wawasan. Hal ini cukup baik sebagai bantu loncatan kamu menyelesaikan studi selama di bangku perkuliahan. Sebab kamu lebih uptodate ketimbang teman mu yang menggunakan gadget sebatas menginstall media sosial tanpa benar-benar bersosial. Selamat mencoba.🙂

 

 

 

10 thoughts on “Mengapa Mahasiswa Wajib nge-Blog?”

  1. Bahasannya menarik nih. Semoga banyak mahasiswa yang baca. Eh saya juga masih mahasiswa ding.😀

    Saya pertama punya blog pas masih SMA. Mulai agak aktif pas masuk kuliah, dan walau belum jago-jago amat dan pengunjung blog masih gitu-gitu aja, banyak teman kelas yang ngiri juga ternyata karena mereka pengen tapi gak ngerti. HEHE

    Suka

    1. Haha menarik ceritanya bg. Kalau ditulis bisa jd motivasi buat yg lain tuh.

      Terima kasih sudah berkunjung bg. Memang sangat byk manfaatnya nge-blog, terlebih bgi mereka yg masih duduk di bangku kuliah.
      Semoga bermanfaat ya bg.

      Suka

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s