Ilustrasi /businesscatalyst.com

Begini Cara Mengetahui Apakah Blog Kamu Ramah Smarthphone


Hasil survey membuktikan bahwa user (pengguna internet) lebih sering mengakses informasi mengunakan jaringan internet melalui perangkat selular. Alasan paling sederhana adalah saat ini perangkat selular terus ditelurkan, penggunanya melampaui perangkat gadget lain seperti PC, Laptop, dan Tablet. Pemicu munculnya ketimpangan angka-angka ini adalah soal kemudahan (fleksibel) dan harga.

Betapapun murahnya harga sebuah laptop atau tablet, tetap saja smartphone memili harga lebih miring. Seperti smartphone ber-OS Android ini, harganya hanya $4 atau jika dirupiahkan 60 ribuan. Dengan hanya merogoh kocek sedemikian dangkal, penggunanya sudah dapat menikmati fitur-fitur standard sebuah ponsel, seperti misalnya mengakses internet.

Kebiasaan mengakses internet melalui perangkat selular ini seharusnya menjadi suatu hal yang diprioritaskan oleh penyaji informasi, katakanlah blogger. Apakah website atau blog yang kita kelola sudah mobile-friendly? Lalu apa saja hal yang harus disesuaikan agar sebuah situs atau blog menjadi ramah smartphone?

Berikut langkah-langkahnya.

Pada mulanya, semua platform blog seperti blogger dan wordpress sudah melengkapi kemampuannya dalam menjawab tantangan ini: mobile-friendly. Tanpa melihat lebih dalam, ketika kita mengakses sebuah situs dari perangkat mobile dan PC akan jauh berbeda.

Mengakses situs atau blog menggunakan perangkat smartphone jauh lebih sederhana dan terkesan kaku, navigasinya standard dan terkesan monoton. “Tidak responsif”. Namun kepalang miris, ketika sudah demikian malah ditambah waktu aksesnya yang lambat (Lola), gambar yang kerap kali tidak sempurna muncul, font terlalu kecil, iklan yang berserakan, dan lain sebagainya.

Sungguh hal yang demikian dapat menyebabkan visitor menjadi kering. Mereka termakan kesal dan bete.

Penilaian pertama tentang kenyamanan blog kamu dibaca atau diakses adalah kamu sendiri. Sebab orang lain atau visitor akan menggandakan perasaan itu ketika mereka mengalaminya, baik atau buruk. Jika terbesit sedikit saja perasaan bahwa blog kamu tidak nyaman untuk diakses, maka saya sebagai pembaca setia mu akan jauh lebih merasa tidak nyaman ketimbang kamu. Sebab saya menilai dengan netral, sedangkan kamu menilai dengan setengah perasaan bahwa blog itu baik-baik saja. Oleh karena itu, jangan sisakan sedikit pun perasaan itu ada, cobalah untuk mencapai kesempurnaan.

Sebuah tools SEO sederhana besutan Google Developers dapat kamu gunakan untuk mengetes sejauh mana blog kamu ramah terhadap pengguna ponsel, klik disini (Pengujian Situs Mobile-Friendly). Tidak hanya sampai disitu, toolschecker itu juga menyajikan tautan, halaman, dan gambar yang gagal error atau tidak dapat diakses.

ramah smartphone
Mobile Friendly

Memang, bagi pengguna blog gratisan seperti saya tidak dapat berbuat banyak dalam hal mengubah settingan mobile. Namun ada beberapa hal yang dapat saya lakukan agar waktu akses dan hal sederhana lainnya dapat saya tekan. Misalnya dengan menggunakan tema atau template mobile yang paling dasar (tidak menggunakan native theme). Mengubah tema ke pengaturan paling dasar saya pikir dapat menekan laju berselancar di blog atau situs kamu.

Namun, bagi kamu yang menggunakan platform wordpress sebagai alat pengelola web ber-domain. Kamu dapat menggunakan beberapa plugin menarik yang membuat tampilan mobile mu ramah ponsel pintar. Seperti misalnya WP Touch, kunjungi situsnya disini (Wp Touch). Plugin gratis yang juga dapat diupgrade menjadi premium ini cukup ampuh memoles tampilan situs pada jendela mobile. Selamat Mencoba.

 

One thought on “Begini Cara Mengetahui Apakah Blog Kamu Ramah Smarthphone”

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s